PT. XDC Indonesia | IBM SERVER AUTHORIZED DISTRIBUTOR

IMMv2

Versi M4 server IBM sudah mulai banyak diminati, pada satu kesempatan saya mencoba untuk "mengutak-atik" server x3650M4 dan mencoba versi terbaru dari IMM (Integrated management module) yaitu IMMv2. IMM versi terbaru ini disebut-sebut lebih baik dari versi sebelumnya. Secara tampilan cukup baik, interface dan grafisnya juga bagus menurut saya. Sayangnya saya belum berkesempatan untuk "ngulik" fitur remot-nya, karena IMMv2 ini menggunakan fitur terbaru IBM untuk mengaktifkan remote yaitu FoD (Feature on Demand), jadi untuk server x3650M4 jika ingin mengaktifkan remote nya harus membeli license nya dulu.

Jadi untuk sementara, saya posting sekedar untuk memperkenalkan terlebih dahulu, bagaimana sih tampilan IMMv2 dan apa saja yang bisa kita lakukan.

Menghindari kebingungan saat awal seperti yang saya alami, sebelum teman-teman terburu-buru untuk membuka browser, memasukkan IP dan ternyata mungkin tidak mau connect, langkah awal yang harus dilihat adalah ada di BIOS. Berikut penjelasannya:

IMMv2 pada x3650M4 ada 2 port, yang satu sharing dengan port ethernet yang ada, dan yang satu lagi dedicated seperti yang terlihat pada gambar:

port immv2

Langkah pertama adalah melihat di UEFI port mana yang sedang diaktifkan. Berikut langkahnya:

Pertama saat masuk ke UEFI, pilih "system settings",

System setting

Pilih "Integrated Management Module",

imm opt

Lalu pilih "Network configuration",

Network configuration

Setelah terbuka, lihat pada baris Network Interface Port, apakah sedang berada dipilihan "Dedicated" atau "Shared". Tentukan yang Anda inginkan, pada contoh kali ini saya menggunakan port dedicated. Maka saya switch ke dedicated,

Port option

Setelah itu, tab kebawah dan "save":

save

Jangan lupa untuk me-"restart" server terlebih dahulu sebelum menggunakan servernya.

Setelah restart, barulah sambungkan kabel, buka browser dan masukkan address ini: 192.168.70.125 (Ingat untuk mengganti IP notebook Anda menjadi 192.168.70....)

Lalu akan muncul tampilan ini:

login

Ini adalah tampilan login IMMv2, untuk user name dan password masih tidak ada perubahan. By default, User name: USERID dan password: passw0rd (0=angka nol).

home

Ini adalah tampilan home dari IMMv2, dari mulai login sampai tampilan ini sudah terasa perbedaannya kan? Yuk, kita lihat-lihat labih lanjut

System information

Tab "System information" untuk memperlihatkan informasi dari server yang sedang dioperasikan sekarang.

power action

Dipilihan "power action" adalah untuk menghidupkan, mematikan, restart server bahkan menjadwalkannya.

Events

Di menu "Events" adalah untuk melihat system event log dari server tersebut, Event recipient untuk mengubah settingan dalam system event log.

Service and support

Server management
Menu "server management" kita bisa melihat firmware dari server kita, ada pilihan remote control juga untuk memungkinkan kita meremote server, sebenarnya fitur ini juga bisa di akses melalui pilihan "remote control" yang ada di bawah (desebelah power actions)

IMM management

Pada menu "IMM Management" juga ada pilihan sebagai berikut ini.

 

Well, silahkan dicoba sendiri agar punya pengalaman sendiri mengenai IMMv2 ini.

Tambahan informasi, server generasi keempat (M4) ini sedikit berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya (M3), karena versi IMM nya dibedakan berdasarkan kelas-kelasnya. Kalau server M3, dari seri x3100M3 pun kita sudah bisa remote melalui browser seperti diatas. Namun berbeda untuk server M4, kelas IMMv2 adalah sebagai berikut (disertai penjelasan singkat):

- IMMv2 Basic: Tidak ada tampilan khusus, hanya pada saat booting. Tidak bisa diakses dari browser, apalagi remote control.

- IMMv2 Standard: Ini adalah versi yang saya jelaskan diatas, belum bisa untuk remote control

- IMMv2 Advance: Kelebihan versi ini adalah support untuk remote control, kurang lebih seperti yang saya jelaskan sebelumnya di server M3 di sini

 

Dan berikut adalah tipe-tipe server beserta versi IMMv2 bawaannya (by default), dapat di upgrade melalui Fod key, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

- x3100M4 : IMMv2 Basic

- x3250M4 : IMMv2 Basic

- x3500M4 : IMMv2 Standard

- x3530M4 : IMMv2 Standard

- x3550M4 : IMMv2 Standard

- x3630M4 : IMMv2 Standard

- x3650M4 : IMMv2 Standard

- x3750M4 : IMMv2 Advance

Demikian, semoga berguna untuk teman-teman semua. Senangnya berbagi...

Silahkan lihat artikel lainnya di sini.

This article is created in 2012 by PT. XDC Indonesia. Do not make any copy without legal permission from PT. XDC Indonesia.
brand
brand
brand
brand
brand
brand
brand
brand
brand
brand
XDCI JakartaXDCI SURABAYAHUBUNGI KAMI